ja_mageia

Selamat datang di website ACC UII terbaru - semoga kami dapat memberikan layanan yang lebih baik
Menggambar manusia dalam psikotes PDF Print E-mail
Friday, 14 December 2012 07:26

Assalamu'alaikum

Saya sudah beberapa kali mengikuti tes psikotes dalam seleksi penerimaan pegawai di berbagai perusahaan. Dalam tes psikotes seperti umumnya tentu saja terdapat tes menggambar, salah satunya menggambar manusia secara utuh dari kepala hingga kaki. Sebelumnya tidak ada masalah dalam tes-tes tersebut. Belakangan ini saya membaca beberapa artikel di internet yang mengatakan bahwa adanya larangan dalam Islam untuk menggambar makhluk hidup bernyawa, yaitu manusia dan hewan.

Maka semenjak itu, kebetulan dalam tes psikotes yang terakhir kali saya ikuti, saya tidak lagi menggambarkan manusia ataupun hewan. Dalam keterangan gambar, saya tambahkan alasan saya tidak menggambar manusia karena adanya larangan tersebut dalam Islam. Sebagai gantinya saya gambarkan orang-orangan sawah. Lalu, hasilnya saya tidak lolos tes psikotes tersebut. Tapi saya percaya, alasan kegagalan saya bukan karena saya tidak menggambar manusia, karena ada pengalaman seseorang yang saya ketahui yang melakukan hal yang sama dan beliau lolos tes psikotes.

Untuk itu, bagaimana menurut Bapak/Ibu atas sikap yang saya pilih? Tidak adakah cara lain dalam tes psikotes selain menggambar manusia? Ilmu agama saya memang belum banyak dan saya masih proses belajar. Saya betul-betul tidak mengetahui mengenai larangan ini sebelumnya. Jika memang larangan ini telah kita ketahui, tidak bisakah tes menggambar manusia tersebut dihilangkan dalam tes psikotes yang ada selama ini?  Sebelumnya saya ucapakan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu atas pertanyaan saya.


Wassalamu'alaikum

DU

 

Jawab:

Waalaikumsalam Wr Wb

Terimakasih telah mengirim email kepada kami.

Dalam hukum Islam, ulama berbeda pendapat mengenai boleh atau tidaknya menggambar manusia atau hewan yang memiliki ruh. Hal ini wajar karena memang ada begitu banyak perbedaan tafsir dalil-dalil terkait masalah tersebut. Anda akan meyakini yang mana monggo saja karena kapasitas saya juga bukan untuk mengkritisi masalah khilafiyah yang terjadi.

Yang akan saya tekankan disini adalah proses psikotesnya, terutama terkait masalah tes menggambar manusia atau dalam ilmu psikologi dinamakan tes Draw A Person (DAP). Tes tersebut digunakan untuk memotret kepribadian seseorang melalui figure manusia yang digambar di kertas. Alat tes tersebut tidak bisa diinterpretasi secara langsung tanpa ada pelengkapnya, yaitu dengan proses wawancara karena memang alat tes tersebut juga tidak secara mutlak dapat menggambarkan kepribadian seseorang. Selain itu, penilaian dari tes psikologis juga tidak didapat dari satu alat tes saja, pada akhirnya pasti akan dikomparasikan dengan alat-alat tes yang lain untuk mendapatkan hasil yang komprehensif. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika memang tidak berkenan untuk menggambar manusia karena memang Anda meyakini bahwa itu tidak boleh. Saran saya adalah perkuat karakter dan kepribadian Anda melalui tes-tes yang lain dan dengan melakukan proses psikotes dan wawancara kerja dengan sebaik-baiknya. Jika Anda memang qualified, maka tentu perusahaan juga tidak akan segan-segan merekrut Anda sebagai karyawan perusahaan. Hal ini dibuktikan oleh kawan Anda sendiri yang bisa diterima kerja meskipun tidak menggambar secara lengkap.

Demikian, semoga membantu. Tetap semangat tetap istiqomah..

Insyaallah diberikan jalan yang terbaik oleh Allah SWT..

Semangat!!

 

Wassalamualaikum Wr Wb

 
Banner
Banner
Loading tweets...
mod_vvisit_counterHari ini422
mod_vvisit_counterMinggu ini5753
mod_vvisit_counterMinggu Sebelumnya16542
mod_vvisit_counterBulan Ini57994
mod_vvisit_counterBulan Sebelumnya54574
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung2048112

We have: 22 guests, 1 members, 4 bots online

Event Terakhir

  • BRI
  • 02 October , 2014 (08:00 - 09:00)(Recruitment)

    BRI OCR di Gedung Auditorium Kahar Mudzakir Kampus Terpadu UII

  • BTPN
  • 23 September , 2014 (08:00 - 09:00)(Recruitment)

    BTPN Syariah OCR di Gedung Kuliah Umum Kampus Terpadu UII

Event Selanjutnya

Kalender ACC

November 2014
Mo Tu We Th Fr Sa Su
1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
Lihat Event Lengkap ACC