Perkuat Employability, ACC UII Selenggarakan Career Mentoring

Diposting Oleh Admin ACC UII    24 Mei 2016    11:39:17

Kategori Berita

 Perkuat Employability, ACC UII Selenggarakan Career Mentoring

Dalam rangka meningkatkan kesiapan dan meningkatkan wawasan mahasiswa tentang dunia karir di beberapa industri, Alumni Career Center Universitas Islam Indonesia (ACC UII), menyelenggarakan kegiatan Career Mentoring bertempat di Perpustakaan Pusat UII, Sabtu dan Minggu (21/5-22/5). Career Mentoring kali ini terbagi dalam beberapa sesi, yakni mentoring industri perbankan, mentoring industri teknologi informasi, mentoring sektor BUMN, dan mentoring sektor pemerintahan.

Kegiatan ini diikuti kurang lebih 120 peserta pada setiap sesinya selama dua hari, yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan baru UII. Tidak hanya peserta yang berasal dari UII, kegiatan ini juga mampu menarik mahasiswa dan lulusan dari beberapa perguruan tinggi lainnya di Daerah Istimewa Yogyakarta, seperti UGM, UPN, dan sebagainya.

Baziedy A. Darmawan selaku Kepala ACC UII menyampaikan, diharapkan melalui kegiatan Career Mentoring dapat membekali para peserta tentang hal-hal yang harus dipersiapkan untuk berkarir di industri yang mereka minati. “Kegiatan ini merupakan salah satu media pemberdayaan alumni agar memberikan kontribusi sebagai pendukung karir para mahasiswa dan lulusan baru,” terangnya. Lebih lanjut disampaikan Baziedy A. Darmawan, penyelenggaraan Career Mentoring diharapkan dapat melibatkan lebih banyak alumni dan peserta di masa yang akan datang, sehingga dapat meningkatkan daya keterserapan lulusan UII kedalam dunia industri sesuai dengan minat para lulusan.

Pelaksanaan Career Mentoring kali ini menghadirkan dua orang alumni sebagai Mentor. Pada hari pertama, M. Donni Riyangga, Kepala Cabang Bank Syariah Bukopin Yogyakarta sebagai Mentor Industri Perbankan, dan Syahrial Amin, Supervisor PengelolaanKarir PT. PLN (Persero) sebagai Mentor Sektor BUMN.

Dalam materinya, kedua pembicara mengajak para peserta untuk menghadapi tantangan dalam dunia kerja dengan impresi, rasa percaya diri, strategi, kemampuan bahasa, kemampuan komunikasi, kerjasama tim, kepemimpinan, kemampuan beradaptasi, attitude dan integritas, yang mana semua hal tersebut adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap pencari kerja. Dengan bekal kompetensi-kompetensi tersebut, diyakini para mahasiswa dan lulusan baru akan mampu bersaing dalam meraih karir nantinya.

Pada hari kedua, kegiatan ini menghadirkan R. Donny Firmansyah, IT Operations Specialist PT. VADS Indonesia sebagai Mentor Industri Teknologi Informasi, dan Syahrial Amin, Public Relations Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai Mentor Sektor Pemerintahan. Kedua Mentor tersebut menekankan pentingnya membangun value dan memiliki sikap yang baik dalam diri peserta dalam meraih karir. Sedangkan Syahrial dalam kesempatan ini membagikan kiat-kiatmenghadapi CPNS dan menjadi seorang agen pemerintah yang baik.


Artikel terkait