Dibutuhkan Sinergi Antara Perguruan Tinggi dan Kalangan Industri

Diposting Oleh Admin ACC UII    09 November 2015    09:00:17

Kategori Berita

Dibutuhkan Sinergi Antara Perguruan Tinggi dan Kalangan Industri

Sinergi antara perguruan tinggi dengan kalangan Industri tidak dipungkiri menjadi suatu hal yang tak terpisahkan. Bagi perguruan tinggi, output yang diharapkan adalah para sarjana mampu terserap dunia kerja di berbagai bidang industri. Sinergi ini juga menjadi kunci untuk mengukur kemampuan pelaksanaan teaching learning di lingkungannya. Sementara bagi dunia industri, lulusan dari perguruan tinggi dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan SDM yang diinginkan dalam upaya mencapai tujuan .

Hal tersebut menjadi topik diskusi Corporate Gathering sebagai rangkaian pelaksanaan UII Integrated Carier Day (ICD) 2015. Sejumlah perwakilan dari kalangan Industri hadir dalam acara yang digelar di Hyatt Hotel, jl. Palagan Tentara Pelajar Yogyakarta, Sabtu malam (7/11). Diantaranya perwakilan dari PT Garuda Indonesia, PT. Bank Mandiri, PT. Teammates Indonesia, PT. Paragon dan PT. Tatonas. Sementara dari UII turut hadir Dekan FE UII. Dr. Dwipraptono Agus Harjito, Dekan FIAI UII Dr. Tamyiz Mukharrom, Dekan FPSB UII, Dr.rer.nat. Arief Fahmie.

Disampaikan Ketua Panitia UII ICD 2015, Baziedy Aditya Darmawan, acara Corporate Gathering diselenggarakan dalam rangka memberikan kontribusi perbaikan berkelanjutan bersama, baik bagi industri maupun UII sebagai institusi pendidikan. “Sebagai rangkaian ICD UII, yang telah dimulai pada 4 November 2015, sinergi menjadi hal penting bagi kedua pihak, dimana salah satu kepentingannya adalah untuk menciptakan link and match.

Lebih lanjut disampaikan Baziedi Aditya Darmawan, seperti tertuang dalam aturan Dikti  bahwa setiap perguruan tinggi harus dapat memberikan jaminan  bahwa lulusannya siap pakai di dunia kerja. Namun demikian disisi lain tentunya dunia kerja memerlukan SDM potensial yang memang siap untuk bekerja.

Diungkapkan Aditya Darmawan, kerjasama dalam pelakasanaan UII ICD 2015 khususnya dalam pelaksanaan job fair menuai antusiasme dari para pendaftar, yang mana diluar dari ekspektasi sebelumnya. Hal ini menurutnya menunjukkan hipotesisnya terbukti, bahwa pengangguran terdidik  angkanya cukup besar di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. “Untuk itulah UII melalui Career Center memiliki komitmen dalam memberikan kontribusi mengurangi angka pengangguran terdidik,” paparnya.

Sementara beberapa masukan dari sejumlah kalangan industri pada acara diskusi Corporate Gathering antara lain bahwa alumni UII perlu untuk dapat lebih percaya diri dalam menghadapi dunia kerja. Selain itu juga perlu ditingkatkan kemampuan berkomunikasi, khusunya dalam menggunakan bahasa asing.


Artikel terkait